Kenapa Hanya Mengambil yang Kecil ?

Belakangan saya disadarkan bahwa cara kerja Tuhan itu sangat berbeda dan tidak disangka - sangka.

Bila kita melihat kesekitar kita, kita akan disadarkan bahwa hampir seluruh orang disibukkkan oleh kegiatan - kegiatan yang luar biasa. Mulai dari urusan pribadi, golongan, kelompok, pekerjaan, dan lain - lain. Saya yakin semua pribadi akan menganggap setiap pekerjaan mereka merupakan hal penting dan luar biasa yang harus didahulukan.
Belakangan saya disadarkan bahwa yang namanya urusan penting itu adalah urusan yang berhubungan atau memiliki atau kita pikir memiliki impact langsung terhadap kehidupan kita, dan saya yakin uang merupakan urusan terpenting hampir setiap insan. Pada dasarnya, apapun bentuknya semua orang pasti butuh dengan uang. Mau dalam bentuk mineral ataupun kertas, uang memiliki dampak langsung terhadap kehidupan kita. Seorang manusia dapat melakukan banyak hal besar dengan dukungan uang yang besar dalam kebaikan maupun kejahatan. Tapi yang jadi pertanyaan besar itu dari mana datangnya uang.
Saya yakin setiap insan itu diberikan satu atau dua atau beberapa kali kesempatan oleh Tuhan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hidupnya, yang tentu saja disesuaikan dengan kapasitas setiap orang tersebut. Dan saya yakin pada setiap kesempatan tersebut setiap orang memiliki pilihan untuk memilih jalan apa yang akan dia lalui. Saya percaya pada salah satu pilihan yang ditawarkan sebenarnya ada jalan menuju kekayaan.
Sama seperti banyak jalan, saya kira menuju kesuksesan bukanlah jalan terjauh atau terterjal, tetapi jalan dimana kita berada pada saat yang tepat bersama orang - orang yang tepat. Dan tentu saja tidak tergoda oleh hal - hal lain.
Keanehan yang mungkin akan selalu saya pertanyakan adalah kenapa kita dengan gampangnya mengorbankan sesuatu yang besar hanya untuk mendapatkan sesuatu yang kecil. Misalnya sebagai seorang ilmuan kenapa saya harus bekerja dengan orang lain sementara saya mampu untuk membuat orang lain bekerja kepada saya, atau sebagai pemimpin organisasi yang mampu mengomandoi banyak orang kenapa saya harus memilih mengomandoi sedikit orang dengan alasan optimalitas dan sebagainya.
Sering saya ketemui di lingkungan saya, ketika seseorang lebih memilih uang yang mungkin hanya 25 juta dibandungkan potensi yang dia miliki untuk mendapatkan 2 milyar. hahahaha, mungkin terkesan mengada - ngada tapi ini kenyataan yang saya perhatikan disekitar saya. Sering sekali seseorang hanya dapat melihat sesuatu yang sangat kecil nun jauh diujung samundra padahal didekatnya ada seekor gajah yang sangat besar.
Sungguh ini suatu keheranan yang mungkin masih menjadi anomali bagi saya. Kadang saya berfikir apa karna dia ketakutan atau karena dia lebih memilih untuk bermain aman terhadap potensi yang dia miliki. aneh.

Popular posts from this blog

Flow Regime

Fluid Flow

"Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia". Doa Yang Sudah Terkabulkan?