Flow Regime


Flow regime merupakan suatu bentuk aliran yang mempengaruhi konfigurasi lapisan. Flow regime dapat dibagi menjadi upper flow regime, transition flow regime, dan lower flow regime.
Lower flow regime
Pada lower flow regime, resistansi terhadap aliran besar dan intensitas transportasi sedimen yang terjadi relatif kecil. Bentuk lapisan yang terbentuk adalah berupa smallripple atau megaripple (dunes) atau merupakan gabungan antara keduanya. Aliran fluidanya memiliki nilai freud numbernya besar dari 1 dan mengalir dalam bentuk tranquil flow.
Transition flow regime
Pada transition flow regime konfigurasi lapisannya merupakan bentuk lapisan yang terjadi saat megaripple yang terjadi pada lower flow regime mulai mengalami perubahan menjadi lapisan planar dan antidune yang terjadi pada upper fow regime. Nilai freude number-nya adalah kurang lebih 1.
Upper flow regime
Pada upper flow regime resistansi terhadap aliran yang terjadi adalah kecil dan transportasi sedimen yang terjadi besar. Bentuk lapisan yang terbentuk adalah lapisan planar dan antidunes. Nilai freude numbernya kecil dari 1 dan bentuk aliran yang terbentuk adalah rapid flow.

Popular posts from this blog

Fluid Flow

"Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia". Doa Yang Sudah Terkabulkan?