Cerita Tentang Si Cadel

Teringat akan sebuah cerita menarik :

Disebuah sekolah dasar terdapatlah seorang anak yang tidak bisa mengucapkan huruf 'R' dengan benar (alias cadel). Suatu hari ia pergi ke kantin bersama teman-temannya, lalu mereka bergiliran untuk memesan makanan,
"mau pesan apa dik" tanya ibu kantin kepadanya,
"mau pesan nasi go'y'eng,Bu"jawab sang anak.
Mendengar jawaban itu teman-teman sang anak meledak tawanya, mereka semua tertawa dan mengolok-olok sang anak. Anak ini menjadi malu sekali, dan bertekad untuk dapat berubah.
Berhari-hari hingga berminggu-minggu anak ini habiskan untuk berlatih mengucapkan nasi goreng, hingga suatu hari anak ini kembali bersama teman-temannya ke kantin tersebut.
"mau pesan apa dik?" tanya ibu kantin kepada sang anak,
"mau pesan nasi goreng Bu" jawab sang anak dengan suara lantang,
"minumnya apa Dik?" tanya ibu kantin lagi,
"minum es je'y'uk Bu".....

Sering sekali ketika kita menghadapi sebuah masalah, kita hanya terpaku pada bagaimana cara menyelesaikannya tampa mengetahui akar permasalahanya. Seperti sang anak yang ketika mendapat cemoohan karna tidak dapat mengucapkan "nasi goreng" dengan benar begitu terpaku untuk berlatih mengucapkan nasi goreng dengan benar, padahal masalah sebenarnya yang dihadapi oleh sang anak adalah huruf 'R'. Begitu pula semua masalah yang kita hadapi, bila kita dapat mencari dan memahami akar permasalahan tentu akan lebih memudahkan kita dalam mengatasi berbagai kendala yang akan kita hadapi selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Flow Regime

Fluid Flow

"Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia". Doa Yang Sudah Terkabulkan?